Tips Cara Cepat Hamil Dengan Perencanaan Program Kehamilan

  • Whatsapp
Tips-Cara-Cepat-Hamil-Dengan-Perencanaan-Program-Kehamilan
Foto dari Canva Pro

Jika saat ini Anda sedang berjuang melawan masalah kesuburan atau berpikir untuk memulai program cara cepat hamil, sebaiknya Anda memeriksanya terlebih dahulu. Memeriksa kesehatan dan kesuburan sangat penting untuk Anda lakukan bersama pasangan sebelum merencanakan program hamil.

Tips ini berguna untuk Anda yang berusia 20 atau 30 tahun, guna membantu menambah peluang untuk bisa cepat hamil dengan cara alami.

Read More

Berikut cara cepat hamil dengan alami yang bisa Anda lakukan bersama pasangan, yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1. Melakukan pemeriksaan prakonsepsi

Pemeriksaan prakonsepsi merupakan proses dasar untuk mendapatkan kehamilan yang sehat. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan kesuburan pada dokter kandungan akan memberitahu kapan Anda siap untuk memulai masa kehamilan dan mengandung bayi, selain itu Anda akan bisa mengenali dan mempelajari setiap perubahan yang terjadi selama proses masa kehamilan tersebut.

2. Terapkan pola hidup sehat saat proses kehamilan

Untuk perencanaan kehamilan yang sehat, Anda harus selalu mengikuti saran yang baik dari para ahli. Selain mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan vitamin, berat badan juga harus Anda jaga di angka yang ideal sesuai tinggi badan dan usia, karena dengan mempunyai berat badan yang ideal menandakan bahwa Anda sudah siap untuk segera hamil dalam waktu dekat.

Perbanyak mengkonsumsi asam folat sebelum memulai masa kehamilan, itu bertujuan untuk mengurangi resiko cacat lahir tertentu.

Selain menjaga berat badan ideal dan mengkonsumsi makanan sehat, Anda juga harus menghindari kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula dan lemak jahat, membatasi konsumsi kafein.

3. Menghentikan penggunaan KB

Jika sebelumnya Anda menggunakan kontrasepsi yang bisa mengendalikan hormon dalam tubuh, sebaiknya Anda segera berhenti mengkonsumsi atau minum pil KB atau alat kontrasepsi lainnya untuk segera bisa cepat hamil.

Karena saat berhenti minum pil KB atau alat kontrasepsi lainnya, akan membutuhkan waktu untuk penyesuaian karena penggunaan jangka panjang dari alat kontrasepsi tersebut.

Penyesuaian tersebut berhubungan dengan program kehamilan yang Anda jalani, kemungkinan akan membutuhkan waktu hingga beberapa siklus periode atau siklus haid mulai berovulasi secara teratur kembali.

4. Ketahui masa subur

Umumnya setiap pasangan suami istri tidak mengetahui kapan masa subur terjadi, Anda bisa mempelajarinya dengan cara menghitung dari periode waktu haid yang Anda alami.

Ini merupakan waktu pelepasan sel telur dari ovarium di setiap siklus haid, ini adalah hari pertama masa subur Anda, atau biasa dikenal sebagai masa ovulasi terjadi, umumnya masa subur akan terjadi dua hingga empat hari.

Jika Anda tidak mengetahui kapan masa subur terjadi, ini merupakan penyebab Anda sulit untuk bisa hamil, karena Anda melewatkan masa pelepasan sel telur yang sedang aktif.

Anda bisa menggunakan banyak metode untuk mengetahui kapan masa ovulasi akan terjadi, misalnya dengan menggunakan kalkulator masa subur.

5. Berhubungan di waktu yang tepat

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan intim bersama pasangan? Waktu yang tepatnya adalah dua atau tiga hari sebelum memasuki masa berovulasi yang sudah Anda catat dengan perhitungan kalkulator masa subur.

Perlu Anda ketahui, sperma akan bisa bertahan dalam rahim dan tuba falopi selama dua atau tiga hari, namun sel telur dapat bertahan hanya dalam rentan waktu 12 hingga 24 jam saja setelah masa pelepasan terjadi. Maka dari itu, berhubungan intim pada waktu sehari sebelum masa ovulasi dapat meningkatkan peluang Anda untuk bisa hamil, karena berpeluang untuk bertemunya sperma dengan sel telur yang siap untuk dibuahi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *