Punya Gigi Sensitif? Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya!

Punya-Gigi-Sensitif-Ini-5-Cara-Mudah-Mengatasinya
Foto dari Canva

Masalah gigi sensitif mungkin terdengar sepele padahal cukup mengganggu jika dibiarkan begitu saja. Kondisi gigi seperti ini bisa mengganggu kenyamanan Anda saat makan maupun beraktivitas. Perubahan suhu yang ekstrem saat makan dan minum akan memberi rasa nyeri pada gigi Anda. Hal ini tentu bisa mengganggu jika terus-menerus terjadi tanpa solusi yang tepat.

Mengatasi Gigi yang Sensitif

Sebenarnya ada beberapa pilihan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah gigi seperti ini. Bahkan ada banyak pilihan bahan alami yang bisa diandalkan untuk mengatasi kondisi tersebut. Berikut akan dibahas satu per satu pilihan cara mudah dan efektif mengatasi kondisi gigi yang sensitif:

Read More

1. Berkumur dengan Air Garam

Saat gigi Anda terasa ngilu akibat sensitivitasnya yang tinggi, cobalah untuk mengatasinya dengan berkumur air garam. Campurkan 1 atau 1/2 sendok garam dengan air putih hangat. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik. Lakukan berulang kali sampai Anda merasa lebih baik dan nyeri yang dirasakan berkurang.

Mengapa air garam? Garam sudah lama dikenal sebagai bahan antiseptik alami. Bahan ini efektif untuk membunuh bakteri serta menurunkan risiko peradangan akibat gigi yang sensitif. Aktivitas berkumur dengan air garam ini bisa dilakukan secara rutin untuk membantu menjaga kebersihan rongga mulut Anda.

2. Gunakan Pasta Gigi Khusus

Tips berikutnya, cobalah untuk memakai pasta gigi khusus yang bisa mengatasi masalah gigi sensitif. Saat ini ada beberapa pilihan produk pasta gigi yang formulanya didesain untuk gigi dengan sensitivitas tinggi. Jika Anda bisa rutin menggosok gigi dengan pasta gigi khusus ini maka masalah tersebut dapat berkurang secara perlahan.

3. Lakukan Pelapisan Gigi dengan Fluoride

Pada sebagian orang, pasta gigi khusus tidak cukup efektif bekerja melindungi gigi yang sensitif. Bahkan masalah ini masih saja terus terjadi dan menyebabkan rasa ngilu yang jauh lebih kuat. Jika ini yang Anda alami maka cobalah untuk melakukan pelapisan gigi dengan fluoride. Namun, hati-hati karena kelebihan fluoride juga tidak bagus bagi gigi Anda.

Langsung saja periksakan kondisi rongga mulut Anda ke dokter gigi dan mintalah rekomendasi produk yang tepat untuk menambah lapisan fluoride. Biasanya dokter gigi akan merekomendasikan pasta gigi khusus dengan kandungan fluoride yang lebih tinggi. Jika tidak, dokter gigi juga akan meresepkan gel dengan kandungan fluoride yang lebih tinggi agar lapisan email bisa diperkuat.

4. Hentikan Kebiasaan Buruk

Gigi yang sensitif bisa terjadi karena Anda memiliki kebiasaan buruk. Misalnya saja kebiasaan menggertakkan gigi atau bruxism sehingga lapisan gigi akan tergerus.

Sebaiknya hentikan kebiasaan buruk seperti ini agar gigi tetap dalam kondisi kuat dan tidak semakin rusak. Anda juga harus menerapkan kebiasaan menyikat gigi yang benar, jangan terlalu kencang sampai mengikis lapisan gigi secara perlahan.

5. Lakukan Perawatan Gigi

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah merawat gigi geligi langsung ke dokter gigi. Gigi yang sensitif bisa dipicu oleh berbagai faktor. Salah satunya karena ada lubang pada struktur gigi. Anda bisa melakukan penambalan gigi atau perawatan saluran akar untuk mengatasi masalah tersebut. Solusi ini lebih efektif membantu menghilangkan nyeri dan memperkuat struktur gigi Anda.

Kondisi gigi sensitif memang akan mengganggu kenyamanan apalagi saat makan dan minum. Oleh sebab itu, pilihlah solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini. Pastikan Anda juga memeriksakan kondisi gigi geligi secara rutin ke dokter gigi agar berbagai masalah bisa dicegah dan diatasi secara optimal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *