Menjadi Orang dalam Pemantauan Atau ODP Virus Corona, Apa yang Harus Anda Lakukan?

  • Whatsapp
Menjadi-Orang-dalam-Pemantauan-Atau-ODP-Virus-Corona-Apa-yang-Harus-Anda-Lakukan
Foto dari Canva Photos Unlimited

Dalam masa pandemi corona, dikenal beberapa istilah yang mulai ramai digunakan yaitu suspect, ODP, dan PDP yang menunjukkan kondisi atau status seseorang terkait dengan penanganan wabah covid19. Saat ini Indonesia memiliki banyak sekali ODP atau Orang Dalam Pemantauan yang disebabkan karena mereka baru saja berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya khususnya dari ibukota atau karena seseorang pernah kontak dengan pasien Covid19 namun tidak memiliki gejala sakit selama ini.

Pemerintah akan melakukan pendataan melalui tracking untuk menentukan siapa saja ODP yang muncul di suatu wilayah. Disini peranan aktif masyarakat sangat penting untuk menginformasikan tetangganya yang baru datang dari wilayah lain, atau bahkan menginformasikan dirinya sendiri yang memiliki riwayat perjalanan atau riwayat kontak dengan PDP dan orang positif covid19. Lalu apa yang harus dilakukan saat seseorang ditetapkan menjadi ODP oleh pemerintah?

Read More

Perlu diketahui oleh Anda dan masyarakat sekitar bahwa ODP bukanlah pasien covid19 sehingga tidak perlu khawatir pada status mereka. Akan tetapi ODP lebih berpotensi menjadi pasien Covid19 karena riwayat perjalanan dan kontak. Oleh karena itu ODP perlu melakukan isolasi diri secara mandiri baik di rumah atau di suatu tempat tertentu yang disediakan oleh pemerintah daerah maupun warga. Isolasi dimaksudkan untuk membatasi ruang gerak ODP sehingga tidak bisa bertemu dengan warga setempat. Hal ini ditujukan untuk mengantisipasi jika saja salah satu ODP merupakan carrier corona yang tidak menunjukkan gejala namun bisa menulari orang lain.

Di masa isolasi ini juga difungsikan untuk melihat perubahan kondisi fisik ODP karena virus juga membutuhkan waktu untuk menunjukkan gejalanya. Bisa jadi saat pertama kali datang, ODP merasa sehat-sehat saja dan baru menunjukkan gejala di hari kelima. Jika hal tersebut terjadi, setidaknya ODP tidak bertemu dengan warga setempat sehingga tidak menularkan pada warga. Akan tetapi konsekuensinya, sesama ODP yang di karantina di tempat yang sama harus menjalani isolasi yang lebih ketat karena resiko penularan dari ODP yang positif semakin besar.

Jangan takut menjadi seorang ODP dengan tidak memberikan informasi yang benar. Dengan bersedia diisolasi justru Anda berani untuk melakukan pencegahan agar pandemi ini tidak semakin melebar. Selama menjalani karantina, ODP bisa melakukan banyak hal untuk meningkatkan kondisi kesehatan tubuh dan sistem imun meliputi:

  • Makan makanan yang sehat dan mengandung gizi seimbang.
  • Melakukan olahraga secara rutin.
  • Menggunakan masker di dalam ruang karantina.
  • Sering mencuci tangan dan membersihkan barang pribadi serta lingkungan.
  • Tidak stress dan tetap berkomunikasi dengan keluarga menggunakan gadget.
  • Jika merasakan gejala sakit, jangan ragu untuk berkonsultasi, dimulai dengan konsultasi online melalui aplikasi Halodoc sehingga Anda bisa melakukannya tanpa perlu keluar dari karantina.

Wabah corona bisa segera selesai jika semua masyarakat memberikan perannya sesuai dengan kapasitas masing-masing. Tetap di rumah merupakan cara yang paling baik dalam mencegah penularan virus ini. Namun bagi yang harus bekerja keluar, selalu gunakan masker untuk menyaring apa yang Anda hirup dan keluarkan dari mulut. Jaga jarak dengan orang asing karena Anda tak pernah tahu siapa carrier di sekitar Anda yang bisa melakukan penularan. Lindungi tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat bergizi seimbang sehingga Anda memiliki sistem imun tubuh yang kuat untuk melawan virus saat ia mencoba masuk ke dalam tubuh.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *