Mengapa Anak Bisa Mengalami Alergi Susu Sapi?

  • Whatsapp
Mengapa-Anak-Bisa-Mengalami-Alergi-Susu-Sapi
Foto dari Canva Photos Unlimited

Alergi pada anak tidak hanya disebabkan karena susu formula yang dikonsumsi saja. Namun anak juga bisa mengalami alergi atau intoleransi susu. Alergi susu sapi dapat saja terjadi pada saat imunitas tubuh menunjukkan reaksi terhadap beberapa jenis protein yang terdapat pada susu sapi. Intoleransi dari susu bisa saja terjadi akibat adanya ketidakmampuan tubuh dalam mencerna komponen tertentu yang terdapat pada susu.

Alergi bisa saja terjadi ketika si kecil kekurangan atau kehilangan enzim laktase yang mana hal ini memiliki fungsi untuk mencerna laktosa yang terdapat pada susu formula. Pada biasanya untuk gejala intoleransi dari susu kisaran dalam saluran cerna. Misalnya seperti kembung, mencret ataupun yang berlebih pada perut. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mendiagnosa alergi pada anak, maka orang tua disarankan supaya berkonsultasi pada dokter agar bisa mengeliminasi kemungkinan yang salah.

Read More

Berikut ini, berdasarkan info Cek Alergi, ada beberapa penyebab alergi susu sapi yang dialami oleh anak, yaitu sebagai berikut:

1. Adanya faktor genetik

Faktor genetik menjadi salah satu penyebab terjadinya alergi pada anak, sehingga apabila sang Ibu memiliki  riwayat alergi, maka 40% dari bayi juga berkemungkinan mengalami alergi pula. Meskipun hal ini tidak menutup kemungkinan bayi tidak mengalami alergi seperti orang tuanya, namun yang pasti resiko yang didapatkan tetap ada.

Jika sekiranya Anda memiliki alergi hadap susu sapi, maka sebaiknya Anda mengantisipasi supaya anak yang dilahirkan tidak menurun reaksi alergi tersebut. Jika sekiranya anak mengalami alergi susu sapi, maka salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi susu kedelai. Salah satu jenis susu yang terbuat dari bahan kedelai yang bisa diandalkan yaitu hanya susu Morinaga.

2. Terpapar adanya bahan alergi

Ternyata bukan dari apa yang dikonsumsi bayi saja yang dapat menimbulkan terjadinya alergi pada anak. Akan tetapi terlalu sering terpapar bahan alergi juga bisa menimbulkan alergi. Untuk itu terutama bagi para ibu menyusui harus memperhatikan poin penting ini dengan sebaik mungkin. Tujuannya supaya anak yang memiliki alergi tidak mengalami resiko yang lebih fatal lagi.

3. Adanya polusi udara

Faktor lain yang menjadi alasan mengapa bayi mengalami alergi diakibatkan karena adanya polusi udara, asap rokok, cuaca dan juga binatang peliharaan, terutama binatang yang berbulu. Apabila bayi memiliki alergi terhadap polusi udara, maka sangat disarankan bagi orang tua untuk menghindari penyebabnya, supaya anak tidak kembali mengalami alergi. Misalnya dengan menjaga kebersihan di ruangan, menjauhkan hewan pelihara dari bayi dan lainnya.

Ciri dari bayi yang memiliki alergi terhadap sesuatu biasanya ditandai dengan adanya ruam pada kulit, seperti bintik merah, gatal bahkan hingga mengalami pembengkakan di bagian tertentu. Tidak sampai disitu saja, bayi juga sering kali mengalami gangguan pada bagian sistem pencernaan sehingga disarankan bagi orang tua yang memiliki anak dengan tanda seperti itu untuk memperhatikan jenis asupan yang diberikan.

Bagi bayi yang belum mengkonsumsi makanan, maka bisa saja alergi tersebut disebabkan akibat susu formula yang dikonsumsinya. Apabila benar bayi mengalami alergi akibat susu yang dikonsumsinya, sebaiknya orang tua berhenti memberikan susu tersebut dan menggantikan dengan jenis susu yang lainnya. Bayi yang mengalami alergi terhadap susu sapi memang menjadi hal yang wajar, sehingga solusinya orang tua bisa memberikan susu dari bahan kedelai seperti Morinaga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *