Kegunaan Thermostat Mobil dan Cara Kerjanya

  • Whatsapp
Kegunaan-Thermostat-Mobil-dan-Cara-Kerjanya

Seberapa penting komponen pendingin pada mobil? Jawabannya yaitu sangatlah penting. Sebab dengan adanya komponen pendingin pada mobil, akan mencegah mobil mengalami overheat. Komponen pendingin pada mobil biasa disebut sebagai thermostat. Bagaimana cara kerja komponen mesin pendingin? Dari pada penasaran berkepanjangan, yuk simak uraian di bawah ini!

Cara kerja thermostat saling berhubungan satu sama lain, dan saling mengikuti komponen pendingin yang lain. Berikut cara kerja komponen pendingin pada mobil:

Read More
  • Air pendingin dipompa dengan water pump ke mesin. Lalu air mengalir melalui water jacket. Water Jacket merupakan jalur air yang memutari mesin. Ketika air mengaliri water jacket, air pendingin menangkap suhu panas pada mesin, lalu keluar melalui selang dan masuk ke bagian radiator bagian atas. Setelah proses ini, suhu akan mengalami penurunan berkat air pendingin di radiator. Suhu panas ini dibuang melewati kisi-kisi kecil pada radiator, panas yang bersumber dari kisi-kisi berpindah ke udara. Sebab di balik radiator terdapat kipas untuk mendinginkan mesin.

Kegunaan utama thermostat yaitu sebagai komponen pembantu radiator demi menjaga suhu mesin agar tetap stabil dan tidak terlalu panas. Selain itu, komponen pendingin juga memiliki kegunaan sebagai pengatur sirkulasi cairan pendingin mesin yang bersumber dari radiator. Sehingga, kegunaan dari komponen pendingin mobil yaitu sebagai pencegah supaya mesin mobil tidak overheat. Komponen pendingin mesin berguna menjaga suhu mesin agar tetap stabil. Letak komponen pendingin ini yaitu di saluran air atau biasa yang disebut dengan cairan pendingin, yaitu saluran air yang bersumber dari mesin menuju radiator.

Apabila komponen pendingin mobil rusak, maka sistem penurunan suhu mobil tidak dapat bekerja maksimal. Parahnya yaitu mobil mengalami overheat, sebab tidak ada proses pendinginan mesin pada radiator mobil. Apabila mobil Anda sudah mengalami hal ini, jangan khawatir, Seva.id menyediakan layanan service mobil seluruh spare part mobil. Klik website Seva.id sekarang juga! Dan nikmati fitur booking service tanpa harus mengantri seperti bengkel lainnya untuk melakukan servis.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *