Ingin Punya SIM A? Begini Persiapan Membuat SIM A

  • Whatsapp
Ingin-Punya-SIM-A-Begini-Persiapan-Membuat-SIM-A
Foto dari Canva Photos Unlimited

SIM atau surat izin mengemudi adalah sebuah surat yang digunakan untuk bukti legalitas yang membuktikan bahwa Anda mempunyai kompetensi untuk mengendarai kendaraan dijalan raya. Setiap orang yang  sudah memiliki SIM harus selalu dibawa ketika berkendara agar terhindar dari tilang saat razia oleh pihak kepolisian.

Apa yang Harus Disiapkan?

Bagi Anda yang belum memiliki SIM sebaiknya segera untuk membuatnya agar tidak terkena sanksi saat berkendara. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan untuk persiapan membuat SIM A.

1. Persyaratan

Sebelum Anda membuat SIM A, pastikan Anda sudah melengkapi syarat-syarat yang harus dipenuhi. Adapun syarat membuat SIM A cukup mudah yaitu. batas usia minimal adalah 17 tahun, memiliki KTP. mengisi formulir permohonan, sehat jasmani dan rohani serta lulus ujian dan praktek.

2. Mengisi Formulir

Setelah semua syarat sudah Anda lengkapi, langkah selanjutnya adalah Anda mengisi formulir permohonan pembuatan SIM A. Isilah data secara lengkap dan benar sesuai dengan KTP. Apabila pengisian formulir sudah selesai, serahkan kepada petugas di loket yang sudah disediakan. Jangan lupa masukan semua persyaratan dan formulir ke dalam map.

3. Mengikuti Ujian

Saat pembuatan SIM A Anda akan diwajibkan untuk mengikuti ujian, ujian yang harus jalani disini adalah ujian tertulis dan ujian praktek. Apabila Anda gagal dalam ujian tertulis, maka Anda akan diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian kembali kira-kira dalam tenggang waktu satu minggu dan Anda belum boleh mengikuti ujian praktek sampai lulus ujian tertulis.

Setelah ujian tertulis lulus, maka Anda harus mengikuti ujian praktek. Ujian ini dilakukan dengan Anda harus bisa melewati berbagai macam rintangan yang disediakan. Apabila Anda gagal dalam satu rintangan, maka Anda bisa mengulang dengan tenggang waktu satu minggu.

4. Proses Verifikasi

Jika Anda dinyatakan telah lulus ujian tertulis dan ujian praktek, proses terakhir yang harus Anda lakukan adalah verifikasi. Anda akan diminta untuk foto, tanda tangan dan pengambilan sidik jari. Setelah semua proses dilakukan, Anda bisa menunggu beberapa saat maka pada hari itu juga Anda sudah bisa membawa SIM A milik Anda.

Persiapan membuat SIM A memang mudah dan tidak ribet. Bagi Anda yang belum memiliki SIM segeralah datang ke kantor polisi terdekat untuk membuat SIM. Jika sudah memiliki SIM A, pastikan Anda selalu membawa kemanapun Anda berpergian agar lebih aman dan tidak melanggar aturan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *