Home Elektronik Cara Terbaik untuk Perawatan Kulkas agar Tahan lama

Cara Terbaik untuk Perawatan Kulkas agar Tahan lama

by admin
Cara-Terbaik-untuk-Perawatan-Kulkas-agar-Tahan-lama

Kulkas juga alat elektronik rumah tangga yang membutuhkan perawatan agar tidak mudah rusak. Anda harus melakukan perawatan terbaik karena mengingat jika ada kerusakan membutuhkan biaya yang mahal bahkan lebih baik membeli kulkas baru di toko jual kulkas online. Berikut ini cara terbaik untuk perawatan kulkas agar tahan lama.

1. Pintu Kulkas

Pintu kulkas sering kali diabaikan padahal risikonya bisa membuat kulkas menjadi rusak. Anda harus memastikan pintu kulkas tertutup rapat. Jangan membiasakan pintu kulkas tertutup sendiri karena ini biasanya tidak tertutup rapat. Hal ini penting untuk memastikan suhu di dalam kulkas tetap terjaga dan tidak terjadi kebocoran udara sehingga bisa berisiko juga pada pendingin kulkas.

2. Kapasitas Isi Kulkas

Ada banyak sekali jenis kulkas yang tersedia dan Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Dalam penggunaannya sebagai salah satu langkah perawatan haruslah mengisi kulkas sesuai kapasitas. Jangan mengisi kulkas dengan jumlah yang padat sekali.

Sebab jika kulkas diisi terlalu penuh akan membuat sirkulasi udara di dalam kulkas tidak berjalan dengan maksimal. Jika kebiasaan buruk ini terus saja dilakukan bisa mengakibatkan kulkas menjadi mudah rusak karena suhu di dalam kulkas dinginnya tidak stabil lagi.

3. Letak Barang di dalam Kulkas

Jangan anggap sepele, cara meletakkan barang di dalam kulkas juga harus diperhatikan. Jangan meletakkan barang-barang yang besar dan berat di bagian pintu kulkas. Misalnya seperti barang dengan botol besar karena bisa membuat beban bagian pintu kulkas menjadi berat. Akibatnya karet di bagian pintu kulkas bisa cepat rusak.

4. Posisi Letak Kulkas

Anda tidak boleh sembarangan meletakkan posisi kulkas, harus sangat diperhatikan agar kondisi kulkas tetap aman. Caranya dengan memilih posisi letak yang tidak dekat dengan kompor karena jika terlalu dekat bisa mempengaruhi kinerja kulkas.

Selain itu jarak yang direkomendasikan dari bagian belakang kulkas dengan dinding minimal 20 cm. Tujuannya agar sirkulasi udara pada kondensor tetap aman tanpa masalah. Anda juga perlu meletakkan kulkas dari posisi yang tidak langsung terkena cahaya matahari.

5. Makanan yang Disimpan

Kulkas memang tempat untuk menyimpan bahan-bahan agar bisa lebih tahan lama. Hanya saja Anda tetap harus memperhatikannya jangan menyimpan makanan atau minuman yang masih dalam kondisi panas. Apa lagi jika wadah yang digunakan adalah kaca karena perubahan suhu dari panas ke dingin mengalami perubahan yang drastis.

Akibatnya bisa  membuat wadah menjadi pecah. Selain itu makanan atau minuman Anda tidak akan awet justru menjadi lebih cepat basi. Bahkan akibat yang lebih buruk lagi bisa mengacaukan temperatur suhu yang ada di dalam kulkas Anda. Kulkas akan bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu dinginnya.

6. Kebersihan Kulkas

Perawatan selanjutnya yang harus dilakukan agar kulkas tahan lama adalah menjaga kebersihan bagian dalam kulkas. Cara membersihkannya yang aman dengan mematikan terlebih dahulu sambungan listriknya. Lalu Anda lepaskan semua bagian rak yang ada di dalam kulkas.

Cek makanan yang ada di dalam kulkas, jika sudah ada yang kedaluwarsa dan busuk bisa dikeluarkan agar tidak membuat kulkas menjadi bau. Selain itu bersihkan juga bagian freezer apa lagi untuk kulkas yang ada bunga esnya. Pastikan semua bagian sudah kering sebelum Anda kembali menghidupkan kulkas.

Cara perawatan kulkas ini tentu tidaklah sulit untuk dilakukan. Anda bisa melakukannya paling tidak satu kali sebulan atau sesuai kondisi kulkas. Buat yang akan membeli kulkas sebaiknya memilih sesuai dengan kapasitas yang diperlukan. Anda bisa membeli di toko jual kulkas secara online dengan mengunjungi jd.id.

You may also like

Leave a Comment

kandees

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami Accept Read More

Privacy Policy