Cara Mencegah WiFi Dibobol, Apa Langkah yang Perlu Dilakukan?

Cara-Mencegah-WiFi-Dibobol-Apa-Langkah-yang-Perlu-Dilakukan
Foto dari Canva

Pasang internet rumah di masa sekarang bukanlah suatu hal yang asing dan langka lagi. Sebab, hampir setiap rumah, terutama di kota-kota besar, sudah memiliki akses internet sendiri-sendiri. Namun, ada satu masalah yang sering kali terjadi pada internet rumahan penduduk, yaitu pembobolan koneksi WiFi oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Lalu, bagaimana cara mencegah WiFi dibobol?

Simak beberapa cara dan langkah yang mesti Anda lakukan supaya koneksi WiFi di rumah Anda tidak dibobol!

Read More

1. Gunakan Password yang Unik

Satu cara mencegah WiFi dibobol yang paling mudah adalah menggunakan password yang unik. Password yang unik merupakan perpaduan antara huruf, angka, dan juga simbol. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan kombinasi huruf kapital dan huruf kecil. Biasanya, password yang baik memiliki panjang minimal 6 karakter.

2. Gunakan WPA 2

Setiap perangkat WiFi memiliki sebuah desain sistem keamanan yang akan melindungi data yang ada. Secara default, sistem keamanan ini akan menggunakan WEP. Namun sistem tersebut tidak cukup kuat.

Demi keamanan yang lebih baik, gunakan sistem keamanan WPA2. Sebab, sistem ini menggunakan algoritma enkripsi dan juga sistem otentikasi yang unik untuk melindungi perangkat WiFi Anda.

3. Jangan Gunakan Fitur WPS

Saat ini, beberapa perangkat WiFi memiliki fitur WPS. Fitur ini sendiri berfungsi untuk membuat perangkat yang pernah terhubung langsung terhubung kembali tanpa perlu memasukan password.

Cara ini sebenarnya akan memudahkan Anda saat harus berselancar. Namun dalam banyak hal, langkah ini bisa memudahkan orang lain untuk mengakses WiFi. Untuk itu, sebaiknya Anda tidak perlu mengaktifkan fitur ini.

4. Gunakan Fitur Filter MAC Address

Cara mencegah WiFi dibobol lainnya adalah menggunakan fitur filter MAC Address. Setelah mengaktifkan fitur ini, nantinya hanya MAC Address yang memiliki izin akses internet.

MAC Address sendiri merupakan sistem penamaan yang akan identik dengan satu perangkat. Artinya, ketika MAC Address dari perangkat tersebut tidak terdaftar, maka perangkat tersebut juga tidak bisa mendapatkan akses.

5. Blokir Perangkat

Jika nantinya Anda menemukan ada perangkat lain yang mengakses WiFi Anda tanpa izin, maka jangan ragu untuk memblokir perangkat tersebut. Hal ini untuk memastikan perangkat tersebut tidak kembali masuk di lain waktu.

Anda tentu tidak ingin jika kecepatan internet menurun karena ada banyak perangkat yang mengakses WiFi dalam waktu bersamaan, bukan? Hal ini tentu akan merugikan, karena semakin banyak pengguna, kecepatan internet akan menurun dengan drastis. Inilah pentingnya menjaga keamanan WiFi.

Dengan menerapkan berbagai cara mencegah WiFi dibobol di atas, Anda juga sudah memastikan pengguna WiFi adalah mereka yang memang benar-benar memiliki akses secara legal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.