Cara Cermat Membeli Barang Belanjaan di Bulan Ramadhan

  • Whatsapp
Cara-Cermat-Membeli-Barang-Belanjaan-di-Bulan-Ramadhan
Foto dari Canva Photos Unlimited

Menjelang Bulan Ramadhan, banyaknya promo ramadhan digelar dengan menawarkan berbagai pilihan produk yang sering dibeli saat Ramadhan. Hal ini seringkali membuat kalap para pelanggan, terlebih saat masa gajian tiba. Agar tidak membeli barang yang tidak penting, berikut disajikan cara cermat saat membeli barang belanjaan di Bulan Ramadhan!

1. Memilih Barang Prioritas

Barang prioritas yang perlu dibeli saat Ramadhan tiba adalah perlengkapan ibadah. Bulan Ramadhan merupakan sarana agar mendekatkan diri kepada Allah. Agar beribadah dapat khusyuk, Anda bisa melengkapi keperluan untuk beribadah seperti mukena, sarung, sajadah, peci.

Read More

Maksud dari memperhatikan prioritas adalah tidak perlu memiliki peralatan ibadah yang baru, jika yang lama masih bisa digunakan. Selain peralatan ibadah terdapat prioritas lain yaitu bahan makanan. Meskipun siang hari tidak makan dan minum, umumnya Bulan Ramadhan akan membutuhkan banyak kebutuhan bahan makanan.

2. Membuat Daftar Belanja

Membuat daftar belanja bertujuan agar barang yang dibeli sesuai dengan keperluan utama. Meskipun hal ini seringkali tidak berhasil diterapkan orang, dalam arti tetap berbelanja di luar daftar yang sudah dibuat. Namun, barang yang di daftar belanja tetap dipenuhi terlebih dahulu jika ingin berbelanja di luar daftar yang sudah dibuat.

Daftar belanja yang dibuat juga harus disesuaikan dengan kebutuhan menjelang Ramadhan. Tidak hanya barang yang ingin dibeli saja, tetapi tetap memprioritaskan barang yang dibutuhkan. Caranya dengan mengecek barang apa di rumah yang sangat penting untuk dibeli, keperluan yang bersifat mendesak.

3. Mencatat Pengeluaran Setelah Berbelanja

Saat berbelanja di pasar maupun di toko, usahakan agar mendapat struk atau resi dari barang yang dibeli. Hal ini untuk menghindari terlupa dari harga barang yang dibeli. Jika toko tidak menyediakan, ingat harganya atau Anda bisa mencatatnya selanjutnya, disalin di daftar pengeluaran saat sampai rumah.

Selain itu, jangan sering membeli di satu toko. Lihat-lihat toko lain yang menyediakan barang yang sama agar mengetahui harga yang lebih murah atau barang berlabel promo Ramadhan untuk barang yang akan dibeli saat Ramadhan. Hal ini akan membantu Anda dalam menghemat pengeluaran saat Bulan Ramadhan.

4. Membawa Uang Pas Saat Berbelanja

Daftar belanja yang sudah dibuat, sesuaikan dengan jumlah uang yang akan digunakan untuk berbelanja. Jika ingin melebihkannya untuk berjaga-jaga, lebihkan dengan jumlah sedikit. Hal ini menghindari “lapar mata” atau membeli sesuatu yang hanya diinginkan saat dilihat tetapi tidak diperlukan.

Selain membuat ingin berbelanja barang lain, membawa uang berlebihan juga dapat mengundang tindakan kejahatan. Usahakan agar tidak membayar dengan kartu kredit. Karena hal ini sama dengan membawa uang banyak. Perbedaanya, hanya tidak menggunakan uang cash.

Itulah cara cermat dalam berbelanja kebutuhan menjelang Ramadhan. Anda bisa mencari produk yang berlabel promo Ramadhan untuk lebih menghemat keuangan Anda saat Ramadhan. Promo Ramadhan juga banyak tersedia di Orami.co.id. Silakan cek untuk melihat produk lainnya yang tersedia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *