5 Cara SehatQ untuk Mengatasi Demam Pada Anak

  • Whatsapp
5-Cara-SehatQ-untuk-Mengatasi-Demam-Pada-Anak
Foto dari Canva Pro

Melihat anak tumbuh dengan sehat dan ceria menjadi kebahagiaan setiap orangtua. Namun, pada kondisi tertentu, mau tidak mau orangtua harus dihadapkan dengan kekhawatiran karena melihat anak sakit. Apalagi jika si kecil tiba-tiba mengalami demam tinggi. Alih-alih segera mencari solusi, biasanya orangtua akan merasa khawatir lebih dulu. Ini lumrah, karena hati orangtua terasa patah seketika saat melihat anak sakit. Beruntungnya, kini ada platform SehatQ.com yang bisa orangtua manfaatkan guna mencari solusi mengenai sakit yang dialami anak.

Saat mendapati si kecil mengalami demam, akan lebih baik Anda segera memeriksakan si kecil ke dokter. Akan tetapi, di masa pandemi seperti ini membawa anak ke RS bisa jadi justru membuat Anda semakin khawatir. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memberikan pertolongan pertama pada anak sebelum memutuskan membawa anak ke dokter.

Read More

Atasi Demam Pada Anak

Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan ketika anak mengalami demam.

1. Pilihkan pakaian yang nyaman

Selama ini banyak yang menyarankan untuk menyelimuti anak dengan selimut tebal setiap kali anak mengalami demam. Padahal selimut tebal ini tidak lantas membuat anak merasa nyaman karena membuat suhu tubuh menjadi naik.

Jadi utamakan untuk memakaikan pakaian yang akan membuat anak merasa nyaman, ya. Bahkan jika perlu nyalakan pendingin ruangan agar suhu anak lebih stabil.

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh anak

Ketika demam, nafsu makan anak akan menurun. Bahkan ada juga yang enggan untuk makan sama sekali. Sementara itu, si kecil harus tetap mendapat asupan cairan yang cukup agar tubuhnya tidak lemas. Jadi, usahakan untuk memberi dorongan pada anak agar mau mengonsumsi cairan.

3. Beri makanan hangat

Saat anak sakit, tidak mudah untuk memintanya agar mau minum, apalagi makan. Namun Anda jangan langsung menyerah begitu saja. Tetap beri dorongan pada anak supaya anak mau makan. Berikan sop hangat atau bubur agar stamina anak tetap terjaga.

Berikan juga buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan antioksidan sehingga imunitas si kecil berangsur membaik. Jika belum tahu, Anda bisa mencari informasi tentang buah-buahan yang mengandung vitamin C di laman SehatQ.com.

4. Kompres air hangat

Salah satu cara menurunkan demam anak adalah dengan mengompresnya. Jika ingin mengompres, sebaiknya Anda tidak menggunakan air dingin maupun alkohol. Air dingin akan membuat anak tidak merasa nyaman, sedangkan alkohol dikhawatirkan akan terhirup oleh si kecil. Alternatif terbaiknya, Anda bisa menggunakan air hangat untuk mengompresnya.

5. Jaga kualitas tidur anak

Saat sakit, tubuh akan terasa lemas. Terlebih nafsu makan juga menurun. Agar tenaga kembali pulih, usai anak makan dan minum, usahakan untuk mengajaknya istirahat. Tidur akan membantu menaikkan imunitas karena ketika tidur tubuh akan kembali mengisi sel-sel yang hilang.

Itulah 5 pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan apabila mendapati si kecil mengalami demam. Meski hati dan pikiran Anda dipenuhi rasa gelisah karena tidak tega melihat anak sakit, tetap upayakan untuk tenang agar Anda bisa merawat si kecil dengan maksimal. Jika membutuhkan informasi lebih seputar penyakit demam yang dialami anak, Anda bisa memanfaatkan platform SehatQ.com.

Dengan SehatQ, Anda bisa chat dengan dokter untuk berkonsultasi. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mendapatkan artikel kesehatan yang akurat, informasi rumah sakit terdekat dengan tempat tinggal, hingga membeli obat secara online.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *