5 Cara Mengobati Gusi Bengkak di Rumah

5-Cara-Mengobati-Gusi-Bengkak-di-Rumah
Foto dari Canva

Gusi yang bengkak tentu membuat Anda merasa tidak nyaman saat berbicara, menelan makanan atau sekadar menggerakkan lidah. Saat menguap pun, gusi yang bengkak bisa terasa nyeri dan sakit, apalagi Anda menyentuh bagian tersebut. Bau napas yang tidak sedap karena gusi memerah, bengkak dan berdarah semakin mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda wajib segera mencari cara mengobati gusi bengkak secara alami dan cepat, ya!

Tips Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan gusi Anda alami bengkak, misalnya penumpukan sisa makanan di gigi, infeksi jamur atau bakteri, tidak rajin menyikat gigi, kekurangan vitamin C, dampak mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu, dan lain-lain. Anda perlu menerapkan cara mengobati gusi bengkak di rumah sebagai berikut :

Read More

1. Rajin membersihkan gigi setiap hari

Kiat menjaga kesehatan diri sendiri adalah kunci agar Anda terbebas dari masalah gusi bengkak. Bersihkan gigi Anda dengan rajin menyikat pakai sikat gigi berbulu halus dan bersihkan sisa makanan di sela gigi memakai benang gigi. Dental floss ampuh menghilangkan kotoran atau sisa makanan yang bisa berubah menjadi plak dan menyebabkan kerusakan gigi.

2. Kompres bagian gusi yang bengkak

Ada baiknya Anda melakukan perawatan dan penanganan gusi bengkak di rumah memakai kompres alami saja. Kompres bagian gusi yang bengkak dengan air hangat atau dingin, bisa pakai es batu yang dibalut kain bersih dan tempelkan di gusi yang bengkak. Selain itu, Anda juga bisa memakai kantong teh chamomile, teh hijau atau teh hitam yang mengandung anti inflamasi untuk meredakan peradangan pada gusi tersebut.

3. Mengganti pasta gigi atau obat kumur

Pasta gigi atau obat kumur yang pas dan sesuai dengan kondisi gigi Anda yang sensitif sangat direkomendasikan untuk mencegah terkena masalah gusi bengkak. Pastikan produk pasta gigi yang terpercaya untuk menjaga kesehatan gigi lebih maksimal. Sikat gigi pakai pasta terbaik bisa membantu Anda tetap sehat dan napas lebih lega.

4. Rajin mengkonsumsi vitamin C

Kekurangan vitamin C bisa menjadi penyebab gusi bengkak dan sariawan sehingga Anda perlu memenuhi asupan vitamin C dengan maksimal. Pastikan konsumsi sayuran dan buah yang kaya vitamin C untuk menjaga kesehatan mulut sekaligus meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda.

5. Memakai bahan alami atasi gusi bengkak

Selain berkumur air garam yang dipercaya bisa mengatasi atau meredakan rasa sakit pada gigi dan gusi, Anda juga bisa memakai bahan alami untuk mengobati gusi bengkak. Salah satu cara mengatasi gusi bengkak bisa menggunakan air rebusan daun jambu biji atau bisa mengoleskan pasta kunyit pada gusi dan biarkan selama beberapa menit. Antiinflamasi pada bahan alami bisa membantu meredakan rasa sakit pada gusi Anda, lho!

Kalau bisa memakai bahan alami untuk mengatasi gusi bengkak, Anda bisa meminimalisir tertular virus corona pada masa pandemi bila takut datang ke klinik gigi terdekat. Tentu Anda wajib berkunjung ke dokter gigi untuk melakukan perawatan gigi dan mulut yang benar, ya! Bisa jadi Anda butuh prosedur scalling yang bisa membersihkan tumpukan plak di gigi, membersihkan area akar gigi dan gusi, dan menghilangkan bakteri yang menginfeksi gusi.

Bila sudah menerapkan cara mengobati gusi bengkak di atas, Anda bisa segera sembuh. Pastikan senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut, rajin minum air putih, dan hindari kebiasaan merokok yang bisa menyebabkan masalah kesehatan mulut. Yuk, jaga kesehatan gigi Anda mulai sekarang agar terhindar dari kerusakan gigi, gusi bengkak dan masalah kesehatan mulut lain!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.