4 Jurus Rahasia Agar Rumah Senantiasa Bersih dan Rapi

  • Whatsapp
4 Jurus Rahasia Agar Rumah Senantiasa Bersih dan Rapi
Foto dari Canva Pro

Kebersihan dan kerapian rumah merupakan hal yang membutuhkan perhatian utama. Oleh sebab itu, produk kebersihan rumah tangga seperti pembersih lantai paling wangi, pembersih kaca, spray penghilang karat, dan berbagai macam jenis pembersih lainnya selalu menjadi benda yang harus disimpan di rumah.

Membersihkan rumah dengan benar

Mulai dari ruang tamu hingga kamar mandi, kebersihannya harus selalu dijaga agar setiap individu yang tinggal di dalam rumah merasakan kenyamanan. Dalam membersihkan rumah juga ada triknya agar bisa melakukannya dengan benar. Berikut beberapa jurus ampuh membersihkan rumah:

1. Rumah Bersih Berawal dari Kebiasaan Bersih

Hal paling utama dalam menjaga kebersihan rumah adalah memiliki kebiasaan bersih. Sebab orang yang memiliki kebiasaan bersih tidak akan menunggu rumah terlihat berantakan sebelum mulai membersihkannya. Namun, selalu menjaga kebersihan setiap saat. Kebiasaan bersih bukan hanya dimiliki oleh satu orang saja melainkan seluruh anggota keluarga atau setiap orang yang tinggal di dalam rumah.

Jadi, kebiasaan bersih harus ditanamkan setiap orang. Caranya bisa dengan selalu saling mengingatkan. Misalnya, menambahkan tulisan-tulisan yang dipasang di dinding berisi imbauan untuk menjaga kebersihan. Hal ini cukup ampuh membentuk kebiasaan bersih setiap individu.

2. Bersih-bersih Sambil Jalan

Bersih-bersih tak harus menunggu satu waktu untuk melakukannya. Namun, Anda bisa mencicilnya setiap hari. Misalnya dengan mencuci piring setelah selesai makan, membersihkan dapur seusai memasak, menyapu remah-remah saat menyantap makanan ringan, dan mengelap meja yang selesai digunakan.

Apabila sesi bersih-bersih kecil ini senantiasa dilakukan, maka kebersihan dan kerapian rumah akan selalu terjaga. Anda bisa menanamkan kebiasaan ini dari diri sendiri. Jangan menunggu hingga terlihat benar-benar kotor barulah dibersihkan, tapi mencicil sedikit demi sedikit sehingga tak akan menghabiskan banyak waktu ketika melakukan kegiatan bersih-bersih besar-besaran.

 3. Fokus pada Tiap Ruangan

Ketika melakukan kegiatan bersih-bersih sebaiknya Anda fokus pada satu ruangan terlebih dahulu. Misalnya, membersihkan ruang tamu. Harus benar-benar selesai hingga menggunakan pembersih lantai paling wangi untuk mengepel lantai. Jangan berpindah-pindah sebelum satu ruangan selesai.

Cara ini lebih efektif dan efisien sehingga pekerjaan bisa lebih cepat selesai. Anda juga bisa fokus ke setiap detail ketika membersihkan. Apabila ruangan cukup banyak, bisa membagi waktu membersihkannya. Contohnya pagi membersihkan kamar tidur, siang ruang keluarga, dan saat malah membersihkan ruang tamu.

Bisa juga berbagi tugas dengan anggota keluarga saat bersih-bersih. Ibu membersihkan dapur, ayah membersihkan garasi, dan anak-anak merapikan ruang keluarga. Dengan pembagian tugas pekerjaan bisa cepat selesai dan ada waktu untuk bersantai bersama keluarga setelahnya.

 4. Buang Benda-benda yang Tak Diperlukan

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan saat melakukan bersih-bersih adalah jangan menumpuk barang. Terkadang, yang memenuhi rumah adalah barang-barang kurang penting dan tak berfaedah. Bukan hanya memakan banyak tempat, tapi merepotkan karena harus senantiasa dibersihkan.

Barang-barang seperti ini harus disingkirkan. Bisa dengan cara menjual, memberikan kepada orang lain, atau membuangnya apabila barang tersebut memang tidak bisa digunakan lagi. Untuk melakukan hal ini Anda harus rela ‘membuang’. Ada orang-orang yang terlalu sentimentil dan sulit membuang barang, tapi Anda tak boleh demikian. Jika tak lagi berfungsi sebaiknya singkirkan saja.

Kegiatan bersih-bersih memang terkadang memakan banyak waktu, tapi jika sudah tahu bagaimana trik melakukannya akan mudah dan cepat. Selain itu, gunakan pembersih lantai paling wangi agar rumah tak hanya bersih dan rapi, tapi juga wangi. Tak perlu repot beli ke supermarket, pembersih lantai juga bisa dibeli online di toko online kesayangan Anda dengan penawaran khusus sehingga harganya jauh lebih murah, tanpa repot dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *