4 Cara Merawat Mobil Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

  • Whatsapp
4-Cara-Merawat-Mobil-Yang-Bisa-Dilakukan-Di-Rumah
Foto dari Canva Pro

Karena menjadi kendaraan yang sering digunakan untuk aktivitas sehari-hari membuat mobil harus selalu mendapatkan perawatan yang tepat dan berkala. Hal tersebut dilakukan agar mobil tidak cepat rusak dan membantu memperpanjang usia pemakaian kendaraan tersebut. Berikut simak beberapa cara merawat mobil yang dapat anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus ke bengkel.

Perawatan Pada Mobi Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

1. Menyalakan Mesin

Pandemi COVID-19 membuat hampir semua aktivitas dilakukan di rumah, sehingga membuat kendaraan anda jarang terpakai. Meski demikian, mesin mobil harus tetap dinyalakan minimal tiga kali dalam seminggu selama 1 atau 2 menit. Hal tersebut dilakukan agar sirkulasi pelumas pada ruang mesin tetap lancar dan terjaga. Cara ini merupakan cara paling mudah dilakukan untuk merawat mobil anda agar tetap dalam kondisi baik.

Read More

2. Memeriksa Baterai Penyimpanan Daya Listrik

Cara selanjutnya yaitu anda bisa memeriksa aki pada mobil untuk mencegah gangguan kelistrikan pada mobil. Terdapat dua jenis aki yaitu aki kering dan aki basah. Pada aki basah terdapat batas upper dan lower sebagai penanda jika aki kurang cairan atau tidak. Sedangkan pada aki kering, batas upper dan lower tidak dibutuhkan karena air aki berbentuk gel dan telah diisi langsung oleh pabriknya.

3. Mengecek Cairan Radiator

Radiator memiliki peran penting dalam menjaga suhu pada mesin agar tetap dalam kondisi yang normal. Setiap mobil memiliki masa penggantian air radiator yang berbeda-beda, akan tetapi umumnya penggantian air radiator dilakukan tiap 2000 km. Untuk mengisinya upayakan menggunakan cairan khusus radiator bukan menggunakan air biasa. Hal ini merupakan salah satu cara merawat mobil yang paling mudah untuk dilakukan.

Itulah beberapa cara mudah dalam melakukan perawatan pada mobil yang dapat anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke bengkel. Lakukan perawatan secara berkala untuk menghindari kerusakan pada mobil anda. Tips di atas tentunya dapat meminimalisir pengeluaran biaya untuk perawatan mobil anda, karena dilakukan sendiri dirumah. Jika anda rutin melakukan perawatan, maka kendaraan anda tidak akan mudah rusak dan awet.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *